Ciri Khas Pendidikan Al-Azhar Syifa Budi

YAYASAN SYIFA BUDI menyelenggarakan sekolah dengan tujuan : “Membentuk integritas karakter dan kepribadian cendekiawan muslim yang memiliki keseimbangan dan keserasian antara individualistik (fardiyah) dan sosialistik (jama’iyyah) yang kedua-duanya merupakan fitrah dan prinsipal pada diri manusia berdasarkan Al-Qur’an dan As-Sunnah”.

Sekolah yang diselenggarakan YAYASAN SYIFA BUDI merupakan sekolah umum yang bercirikhas Islam, dengan menggunakan sistem kurikulum terpadu (Integrated Curriculum) berdiferensiasi yakni memadukan kurikulum pemerintah dengan kurikulum khas agama Islam yang pelaksanaannya dilakukan melalui penjiwaan unsur-unsur agama ke dalam semua mata pelajaran, maupun mata pelajaran khusus bidang ke-Islaman, yang disebut sebagai Spiritualisasi Pendidikan.

Program kegiatan sekolah terdiri dari program kurikuler, ko kurikuler dan ekstra kurikuler. Melaksanakan pendidikan sesuai kurikulum Pemerintah dan pendidikan agama Islam yang diintegrasikan dengan mengusahakan korelasi antara keduanya melalui penjiwaan unsur-unsur agama ke dalam semua mata pelajaran.

Dalam pelaksanaan kurikulum untuk mencapai tujuan pendidikan nasional perlu diberi penjiwaan dan pemahaman agama dalam semua mata pelajaran yang diwujudkan melalui Integrated Curriculum, yakni meniadakan batas-batas antara berbagai mata pelajaran dan menyajikan bahan pelajaran dalam bentuk keseluruhan, dan dikembangkan secara berdiferensiasi.

Sifat sekolah sebagai sekolah unggulan selalu melakukan peningkatan kualitas sekolah, untuk menjadikan sekolah unggulan atau bercirikhas yang berwawasan internasional (international stature) dengan menerapkan spiritualisasi pendidikan dan bilingualitas. Strategi Pendidikan dan Pengajaran Al-Azhar Syifa Budi adalah : Peningkatan kualitas akademik melalui penerapan spiritualisasi pendidikan, yaitu kurikulum terpadu (integrated curriculum), yang berdiferensiasi dan pembentukan integritas karakter dan kepribadian melalui pengembangan nilai.

Pendekatan proses pengasuhan pertama bersifat individualistik, dengan target penguasaan ilmu pengetahuan, peningkatan iman, perbaikan akhlaq dan memperbanyak amal melalui sarana pengajaran di sekolah. Kedua Sosialistik, dengan target kebiasaan berjamaah, berukhuwah Islamiah dan selalu ber-tawashau bil haqqi wa tawashau bi sabr, ber-amar ma’ruf nahi munkar melalui sarana pendidikan di sekolah.

Karena di dalam negara kita terdapat berbagai agama dan kepercayaan, berbagai suku, dan berbagai budaya, maka kita meterapkan apa yang kita namakan : integrated educaton system in a multi faith and a multi cultural society, sesuai dengan prinsip pemerintah Republik Indonesia memupuk kerukunan antar umat beragama dan ke-Bhineka Tunggal Ika-an masyarakat Indonesia.

Penerapan Metode Catur Tunggal

  • Aqidah
  • Kebangsaan
  • Sience
  • Teknologi

Filosofi Pendidikan Al-Azhar Syifa Budi

Filosofi berdasarkan kepada Al-Quran, surat Al-Alaq ayat 1-5 yang merupakan permulaan turunnya Al-Quran yang diwahyukan melalui Nabi Muhammad saw.

Permulaan ayat Al-Quran tersebut memerintahkan manusia untuk membaca hal mengandung hikmah yang dalam, karena membaca merupakan pintu gerbang ilmu pengetahuan.

Dengan ilmu pengetahuan manusia dapat menunaikan tugasnya selaku khalifah Allah untuk memakmurkan dunia.